Sajian Ketupat Lebaran dengan Aneka Lauk Lezat

Ketupat lebaran bisa jadi merupakan simbol makanan di hari raya, dan banyak sekali sajian lauk yang umumnya bisa digabungkan dengan makanan ini. Yuk cari tahu apa saja rekomendasi yang cocok di artikel berikut.

  • Ketupat dengan Cumi Asam Manis

Jika Anda bosan dengan rasa asin, maka bisa mencoba ketupat lebaran dengan sajian cumi asam manis. Cara membuatnya mudah, pertama tumis bawang merah dan putih hingga wangi, kemudian masukkan cabe. Kemudian masukkan tomat dan cumi, tambahkan segelas gelas air danĀ  semua bumbu, masak hingga mendidih dan matang.

Masukkan larutan tepung maizena dan aduk hingga kuah menjadi kental. Setelah matang, tambahkan daun bawang, cumi asam manis siap disajikan.

  • Ketupat dengan Cumi Asin Bakar

Pernah mencoba menu yang satu ini? Cuci cumi hingga bersih, lalu lumuridengan air jeruk nipis dan garam, sisihkan. Kemudian panaskan margarin,dan tumis bumbu halus wangi. Langkag berikutnya adalah menambahkan kecap manis, garam dan gula pasir, saus tomat lalu masak sampai matang.

Terakhir masukkan cumi, aduk aduk dan masak sampai bumbu meresap. Setelah matang, angkat dan sajikan.

  • Ketupat dengan Tahu Tek Surabaya

Jika umumnya tahu tek surabaya menggunakan lontong, maka di momen lebaran bisa juga memakai ketupat, karena cara membuatnya pun mudah.

Kocok lepas dua butir telur, kemudian potong tahu putih menjadi kotak-kotak dan masukkan. Tambahkan garam, lada, dan sedikit kaldu bubuk, lalu goreng tahu telur dalam api kecil dan sajikan dengan siraman saus kacang.

  • Krengsengan Koyo dan Urat Sapi Khas Jawa Timur

Masukkan ulekan cabai rawit yang jumlahnya bisa disesuaikan dengan selera dan bumbui dengan satu sendok makan kecap inggris, satu sendok teh kecap asin, empat sendok makan kecap manis, satu sendok teh minyak wijen, garam dan penyedap rasa secukupnya. Masak sampai bumbu meresap dan taburi dengan irisan daun bawang, serta minyak wijen.

  • Ketupat dengan Mie Ongklok

Masukkan 500 ml kaldu sapi dan masak hingga mendidih, kemudian tambahkan gula, garam, merica, dan larutan tepung maizena untuk di aduk lagi sampai mengental.

Tata 50 gram kembang kol dan 200 gram mie kuning dan sirami dengan kaldu yang telah matang, serta jangan lupa untuk memberikan taburan bawang goreng. Makan dengan ketupat dan juga bawang goreng.

Yummy! Semua menu di atas tentunya bisa menambah selera makan saat mengkonsumsi ketupat lebaran. Yuk segera buat untuk persiapan hari raya nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *