Login cekbansos.kemensos.go.id, Cek Penerima Bansos Tunai Rp 300 Ribu Bulan Juni

Adalah cara cek penerima BLT Rp 300 Ribu, PKH, dan BPNT yang akan cair pada Juni 2021. Akses , lalu masukkan alamat dan nama. Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp 300 ribu yang semula hanya April 2021, diperpanjang selama dua bulan.

Dalam siaran pers Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, kemenkoppmk.go.id, disebutkan bahwa perpanjangan BST Rp 300 ribu ini untuk pencairan bulan Mei dan Juni 2021. Kementerian Sosial (Kemensos) melanjutkan tiga bantuan sosial (bansos) yang akan cair pada Juni 2021, yaitu BLT Rp 300 ribu, Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Untuk mengecek apakah terdaftar sebagai penerima bansos dari Kemensos, masyarakat secara mandiri dapat mengecek melalui .

Nantinya, Anda akan dapat melihat apakah terdaftar sebagai penerima bansos atau tidak. Di laman itu, masyarakat dapat mengetahui, apakah terdaftar sebagai penerima BLT Rp 300 ribu, PKH, BPNT, atau malah dua di antaranya. Juga status keterangan pada bantuan itu, apakah sudah disalurkan atau belum lengkap dengan usia penerima.

Sehingga patut ditunggu untuk data penerima bansos dari Kemensos bulan Juni 2021. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id atau klik link Kemudian, masukkan Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan.

Lalu, masukkan nama lengkap sesuai KTP. Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak kode. Jika tidak jelas huruf kode, klik icon refresh untuk mendapatkan kode baru

Lalu klik tombol cari data Note: Sistem akan mencocokan Nama Penerima Manfaat (PM) dan Wilayah yang diinput dan membandingkan dengan nama yang ada dalam database kami Untuk mengakses laman ini, tidak harus Kepala Keluarga (KK) yang bersangkutan.

Bisa dilakukan istri/suami, anak, hingga tetangga sepanjang tahu nama lengkap orang yang terdaftar sebagai penerima PKH dan BPNT. PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. PKH disalurkan setiap tiga bulan sekali dalam empat tahap, yakni pada Januari, April, Juli, dan Oktober 2021.

Penyaluran PKH melalui bank anggota Himpunan Bank Negara (HIMBARA) yaitu BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BTN. Sejak PKH diluncurkan, keluarga yang masuk kategori miskin bisa menerima bantuan tunai dari pemerintah. Bagi warga miskin yang sudah dinyatakan terdaftar sebagai penerima PKH oleh verifikator, rumah tempat tinggal penerima akan ditempeli stiker yang menunjukan penghuni rumah berhak mendapatkan bantuan.

Ibu hamil, maksimal dua kali kehamilan Anak usia 0 sampai dengan 6 tahun, maksimal dua anak Anak Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau sederajat

Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (Mts) atau sederajat Anak Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah atau sederajat Anak usia 6 s/d 21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun

Lanjut usia mulai 60 tahun ke atas, maksimal 1 orang dan berada dalam keluarga. Penyandang disabilitas diutamakan penyandang disabilitas berat, maksimal 1 orang dan berada dalam keluarga. Adapun jumlah dana yang dibagikan melalui PKH disesuaikan dengan keadaan Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Indeks dan faktor penimbang Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan Tahun 2021 (Rp)/Tahun: Kategori Ibu Hamil/Nifas : Rp 3.000.000 Kategori Anak Usia Dini 0 s.d. 6 Tahun: Rp 3.000.000

Kategori Pendidikan Anak SD/Sederajat: Rp 900.000 Kategori Pendidikan Anak SMP/Sederajat : Rp 1.500.000 Kategori Pendidikan Anak SMA/Sederajat : Rp 2.000.000

Kategori Penyandang Disabilitas berat : Rp 2.400.000 Kategori Lanjut Usia: Rp 2.400.000 Bantuan komponen diberikan maksimal untuk 4 jiwa dalam satu keluarga.

Sementara itu, BPNT adalah bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah yang disalurkan setiap bulan sekali. Adapun penyaluran BPNT melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan/e warong yang bekerjasama dengan bank. Setiap Kepala Keluarga (KK) akan menerima bantuan senilai Rp 200.000 per bulan.

Bantuan ini cair sebulan sekali dan diwujudkan dalam bentuk kebutuhan pangan. Misalnya beras, telur, kacang hijau, atau buah jeruk. Sementara BLT Rp 300 ribu alias BST Rp 300 ribu adalah bantuan yang diberikan pada masyarakat yang terdampak pandemi Covid 19.

Bantuan ini menyasar masyarakat yang tidak menerima bantuan PKH dan BPNT. Sebelumnya, bantuan ini dihentikan pada April 2021, tapi ternyata diperpanjang hingga Mei dan Juni 2021. Dengan demikian, Juni menjadi bulan terakhir pencairan bantuan yang diterima setiap bulan ini.

Bagi Anda yang pernah menerima BLT Rp 300 ribu, masih ada harapan untuk kembali menerima bantuan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *