Beragam Manfaat Vaksinasi yang Perlu Diketahui!

Vaksinasi menjadi salah satu upaya melakukan pencegahan pada serangan virus tertentu. Jika disimak, di Indonesia sendiri ada cukup banyak variasi vaksinasi yang diberikan dalam rentang waktu berbeda. Tentu, pemberian vaksin tersebut tidak terlepas dari manfaat vaksinasi yang nantinya akan menjaga kesehatan tubuh dengan maksimal.

Perlu diketahui bahwa vaksinasi sendiri adalah suntikan berisi virus atau bakteri baik yang masih hidup atau sudah dilemahkan. Suntikan ini nantinya akan memicu respon kekebalan tubuh sehingga akan menghasilkan antibodi terhadap gangguan kesehatan atau virus tertentu.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa manfaat dari vaksinasi yang bisa dijadikan alasan kenapa Anda perlu melakukannya. 

Beragam Manfaat Vaksinasi 

Secara umum, vaksinasi diberikan dengan cara suntikan. Namun, sebenarnya, ada cara lain yang juga bisa dilakukan seperti melalui tetes minum atau melalui uap. Adapun manfaat dari dilakukannya vaksinasi adalah sebagai berikut:

  • Merangsang sistem imun tubuh

Salah satu manfaat dari vaksinasi yang dilakukan adalah merangsang sistem imun tubuh dengan lebih baik. Dalam hal ini, ketika sistem imun tubuh meningkat, maka tubuh akan cenderung lebih mudah untuk mengenali infeksi tertentu yang terjadi.

Dengan vaksinasi, tubuh nantinya akan mendapatkan kekebalan baru untuk melawan virus. Dilansir dari WHO, vaksinasi dipercaya bisa mencegah sekitar 2 hingga 3 juta kematian setiap tahun karena berbagai serangan virus dan penyakit.

  • Tubuh menjadi lebih kebal

Ketika seseorang mendapatkan vaksin, maka tubuh akan memiliki kemampuan mengenali suatu penyakit dengan lebih baik. Artinya, tubuh akan memiliki kekebalan yang lebih baik dibandingkan sebelum mendapatkan vaksinasi. 

Tidak hanya mampu mengenali serangan virus dengan lebih baik, vaksinasi juga akan mempercepat reaksi tubuh. Dengan kata lain, sebelum virus melancarkan serangan, sistem tubuh akan menyerang virus tersebut untuk mempertahankan kondisi.

  • Memperpanjang harapan hidup

Para pakar mengatakan bahwa salah satu manfaat vaksinasi yang paling besar adalah memperpanjang harapan hidup. Pasalnya, dengan melakukan vaksinasi, maka dampak buruk dari serangan virus –terutama virus yang cenderung mematikan, akan bisa ditangani dengan baik.

Sebagai contoh, sebelum vaksin flu ditemukan, kasus kematian karena serangan virus ini cukup tinggi. Saat ini, ketika vaksin flu sudah marak, maka virus flu menjadi endemi dan cenderung lebih mudah diatasi.

Beberapa hal di atas adalah ragam manfaat vaksinasi yang bisa dijadikan alasan kenapa Anda perlu melakukannya. Hanya saja, memang ada beberapa efek samping dari dilakukannya vaksinasi tersebut.

Adapun efek samping vaksinasi adalah:

  • Rasa sakit hingga bengkak di tempat suntikan
  • Nyeri sendi
  • Otot yang menjadi lemah
  • Demam ringan hingga tinggi
  • Merasa kelelahan 
  • Dan lainnya

Efek samping yang terjadi memang tidak bisa dielakkan. Hanya saja, manfaat vaksinasi bagi kesehatan jauh lebih banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.