5 Olahan Menu Makanan Enak dari Kimchi

Tak hanya terkenal dengan musik K-Pop dan dramanya, Korea Selatan juga terkenal dengan makanan yang lezat. Bukan hanya ramyeon, jajangmyeon atau tteokbokki, acar khas Korea Selatan juga sangat populer di Indonesia, ya kimchi memang sangat disukai oleh para penikmat drama Korea. Nah, buat Anda pecinta makanan Korea, berikut ini menu makanan yang berbahan dasar acar Korea tersebut. 

1. Kimchi Bokkeumbap

Kimchi Bokkeumbap atau lebih mudahnya disebut nasi goreng kimchi ini bisa menjadi salah satu olahan makanan dari bahan dasar acar khas Korea yangs angat populer. Hampir sama dengan nasi goreng Indonesia, menu makanan ini terbuat dari nasi dan potongan kimchi yang ditumis menggunakan berbagai rempah-rempah. 

Di negara asalnya, menu makanan ini biasa dijadikan untuk teman makanan barbeque. Bahkan kebanyakan orang Korea yang suka memasaknya pada penggorengan bekas memanggang daging barbeque. 

2. Kimchi Jjigae

Berikutnya ada sup pedas khas Korea yang sangat cocok dimakan dalam berbagai kesempatan. Baik itu untuk menu sarapan, makan siang maupun untuk makan malam. Menu makanan berbahan dasar acar khas Korea ini sangat cocok untuk menghangatkan tubuh.

Di Korea, sup pedas ini dibuat dari berbagai bahan, seperti tahu, acar khas Korea, dan juga daging sapi maupun daging babi yang dimasak menggunakan saus gochujang pedas. Rasa dari menu makanan ini sangat beragam, mulai dari asin, pedas, gurih dan juga sedikit asam yang dihasilkan dari potongan kimchi.

3. Kimchijeon

Tidak hanya digunakan untuk menu makanan berat saja, acar khas Korea ini ternyata juga bisa diolah menjadi camilan dengan citarasa yang gurih. Salah satunya adalah kimchijeon atau pancake kimchi. Kimchijeon biasanya disajikan untuk camilan saat bersantai. Banyak juga yang mengkonsumsinya sebagai teman minum soju.

Camilan ini dibuat dari campuran tepung terigu, cacahan bawang goreng, telur dan tidak ketinggalan ada kimchi di dalamnya. Setelah semua bahan tercampur rata, goreng dengan sedikit minyak hingga berwarna kuning kecoklatan. Umumnya, kimchi jeon disajikan dengan racikan asus soyu asin manis untuk menambah citarasanya.

4. Sup Kimchi

Mempunyai tampilan yang hampir sama dengan kimchi jjigae, sup kimchi mempunyai citarasa yang lebih segar dengan tekstur yang lebih encer. Selain itu, dimasak dengan beraneka macam sayuran pelengkap, seperti daun bawang lobak putih, tauge dan juga jamur. Sup dengan citarasa yang lebih segar ini sangat cocok dimakan bersama dengan nasi hangat untuk menghangatkan badan.

5. Kimchi Mandu

Satu lagi menu makanan dari bahan dasar acar khas Korea yang cocok untuk camilan adalah kimchi mancu, yang bentuknya hampir mirip dengan pangsit. Sama halnya dengan pangsit pada umumnya, camilan ini dibungkus dengan kulit pangsit dan dikukus hingga matang. Bedanya, isiannya ada tambahan kimchi di dalamnya.

Selain dikukus, kimchi mandu ini juga bisa diolah dengan cara digoreng atau dipanggang hingga renyah. Selain berisi acar khas Korea, mandu juga bisa diisi dengan berbagai bahan lain, seperti daging babi, daging sapi, atau tahu.

Nah itu dia lima menu makanan berbahan dasar acar khas Korea yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Tentunya, rasa dari olahan makanan tersebut akan sangat cocok untuk lidah orang Indonesia. Jika ditanya bagaimana cara membuatnya? Anda bisa menemukan caranya di Orami Magazine. Sebab, di Orami Magazine mempunyai berbagai artikel tentang resep makanan yang ingin Anda buat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.